Selasa, 28 Juni 2016

Profil Perusahaan

PT FITS Mandiri didirikan pada tahun 2000 oleh Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi IPB (sekarang Ilmu dan Teknologi Pangan) tak hanya sebagai sarana pengembangan produk pangan komersial tapi juga sarana yang mendukung pemahaman lebih dalam mahasiswa terhadap aktivitas di industri pangan. Kemudian pada tahun 2015, PT Bogor Life Science and Technology (BLST) mengakuisisi PT FITS Mandiri dan menjadikannya perusahaan yang memiliki visi menjadi perusahaan pusat pengembangan produk pangan fungsional hasil penelitian para pakar IPB sekaligus menjadi sarana belajar mahasiswa tentang industri pengolahan pangan, terutama pangan fungsional.

Di bawah payung BLST, FITS Mandiri mulai beroperasi sejak April 2015 dengan masih memanfaatkan fasilitas Technopark Kampus IPB Dramaga sebagai tempat pelaksanaan produksi. Namun,seiring dengan telah tersedianya pilot plant serta mesin-mesin produksi pada September 2015, semua aktivitas FITS Mandiri pun mulai dilaksanakan di kawasan IPB Science Park Taman Kencana. Hal ini pun diikuti dengan penambahan jumlah sumber daya manusia. Mulai dari hanya 2 orang yang terdiri dari 1 orang Supervisor Pabrik dan 1 orang Staff Produksi menjadi 4 orang dengan adanya tambahan 1 orang Supervisor Produksi dan 1 orang Staff Administrasi.

Produk utama yang diproduksi FITS Mandiri adalah Beras Analog Jagung yang merupakan hasil penelitian Prof. Slamet Budijanto. Beras ini terbuat dari tepung jagung pipil yang kemudian diolah menggunakan mesin ekstruder sehingga dihasilkan butiran Beras Analog Jagung. Selain itu, FITS Mandiri juga memproduksi Mie Jagung dalam bentuk mie basah dan mulai dikembangkan pula Mie Jagung dalam bentuk kering, melihat kebutuhan pasar akan mie kering jauh lebih besar dari mie basah. Akan tetapi, masih terdapat kendala pada proses produksinya setelah diketahui bahwa jenis mesin pengering kontinyu yang dimiliki tidak cocok untuk pengeringan Mie Jagung. Tidak hanya itu, formulasi Mie Jagung pun masih membutuhkan tahap pengembangan lebih lanjut agar dihasilkan produk dengan mutu tinggi. Seiring dengan berjalannya waktu, produk-produk turunan dari Beras Analog Jagung pun mulai dikembangkan demi memperluas area pengolahan Beras Analog Jagung.


Beras Analog Jagung dan Mie Jagung ini dipasarkan dengan cara penjualan melalui gerai Serambi Botani dan penjualan secara langsung baik ke perorangan maupun ke rumah makan. Salah satu rumah makan yang kemudian konstan membeli Beras Analog Jagung adalah Resto Taman Koleksi yang berlokasi di Kampus IPB Baranangsiang. Di rumah makan tersebut, Beras Analog Jagung kemudian diolah menjadi berbagai jenis menu khas Nusantara, seperti nasi goreng analog padang, tugtug oncom , nasi liwet analog ayam goreng, nasi liwet goreng jawa, nasi liwet bumbu bali, nasi goreng rica-rica dan bubur analog manado.

5 komentar:

  1. Ada kontak yang bisa dihubungi utk order mie jagung?

    BalasHapus
  2. Apakah ada kontak yang bisa dihubungi?

    BalasHapus
  3. Kalau boleh tahu, bahan bakunya darimana? Kami memberikan penawaran untuk supply jagung dengan spesifikasi sesuai permintaan. Kami dari kelompok petani jagung Ponorogo

    BalasHapus